Penyebab Penyakit Jantung Koroner


Penyakit jantung koroner sangat layak menjadi topik pilihan didunia saat ini betapa tidak penyakit jantung adalah penyakit nomor satu penyebab kematian mendadak didunia, semakin tahun penyakit ini semakin bertambah bahkan tidak mengenal usia. Lalu mengapa selalu terjadi peningkatan korban penyakit jantung koroner? ada banyak hal yang mempengaruhinya yang sangat jelas gaya hidup yang tidak anut sekarang ini tidak menuju kearang yang semakin sehat. disadari atau tidak gaya hidup yang tidak anut membawa kita semakin terjerat berbagai macam penyakit termasuk jantung koroner.

Berikut Beberapa Faktor Terpenting Penyakit Jantung Koroner

  • Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi
  • Kadar Kolesterol HDL rendah
  • Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
  • Merokok
  • Diabetes Mellitus
  • Kegemukan
  • Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga
  • Kurang olah raga
  • Stress
Bila anda menyandang salah satu atau beberapa faktor di atas anda dianjurkan secara bersekala memeriksakan kesehatan jantung anda kepada orang ahli adanya dua atau lebih faktor resiko akan berlipat kali menaikan resiko total terhadap penyakit jantung koroner.

Apa Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Koroner?


Penyakit jantung koroner pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner) dan hal ini lama kelamaan akan diikuti oleh berbagai proses seperti jarinangan ikat, perkapuran, pembekuan darah dll, yang semuanya akan mempersempit atau penyumbatan pembuluh darah tersebut. Hal ini akan meyebabkan ototjantung didaerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius dari angina pectoris (nyeri dada) sampai infark jantung, yang dalam masyarakt dikenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Langkah Pengobatan Untuk Penyakit Jantung 


Jika mengidap penyakit jantung koroner anda sangat dianjurkan untuk mengubah pola hidup anda seperti menjaga pola makan, rutin olahraga, minum obat secara teratur dan sesuai petunjuk dokter, serta berhenti merokok. Penyakit jantung koroner tidak bisa disembuhkan tertapi bisa dicegah agar tidak memburuk dokter akan menganjurkan langkah operasi untuk menangani penyakit ini jika diperlukan tujuan dalam pengobatan penyakit jantung adalah untuk mengendalikan gejala dan menurunkan resiko munculnya serangan fatal seperti serangan jantung.

 Nah itulah sedikit penjelasan mengenai penyebab terjadinya penyakit jantung koroner semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan anda pengetahuan amin.